RAKERNAS ARSADA 2014

Dukung Secara Positif Pelaksanaan JKN

Dimulai dengan tarian pembuka “Tari Batik”, Rapat Kerja Nasional Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (Ralernas Arsada) yang berlangsung di Semarang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs. Heru Sujatmiko, MSc. Rakernas Arsada 2014 ini berlangsung pada tanggal 11 – 13 Juni 2014 di Hotel Gumaya, Jalan Gajah Mada, Semarang.

Tari Batik ditampilkan untuk memberikan gambaran kepada peserta Rakernas yang hadir dari berbagai penjuru tanah air tentang kekayaan batik di Jawa Tengah. Seperti diketahui daerah Jawa Tengah memiliki kekayaan aneka jenis batik, seprti batik Pekalongan, batik Solo, batik Lasem, batik Banyumas dan lain-lain. Batik diharapkan dapat membawa Indonesia menuju kepada kejayaan.

Setelah Tari Batik dilanjutkan penampilan Paduan Suara RSUD Kota Semarang menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Arsada. Selanjutnya doa dipimpin oleh Ustadz Khusnul Anwar.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas Arsada 2014, dr Nonot Mulyono, MKes menyebutkan, Rakernas kali ini mengangkat tema: “Heboh JKN: Kendali Mutu & Biaya, Peluang Atau Bencana?”. Rakernas Arsada 2014 diikuti oleh 230 peserta dari perwakilan RSUD seluruh Indonesia dan peserta workshop sebanyak 147 orang. Selain dilaksanakan seminar dan workshop, pada Rakernas ini juga diselenggarakan sidang organisasi dan pameran alat kesehatan.Selanjutnya, Ketua Umum Arsada, dr Kuntjoro Adi Purjanto, MKes, menyebutkan bahwa permasalahan yang dihadapi rumah sakit daerah di Indonesia bermacam-macam. Ada rumah sakit di pelosok daerah yang memiliki seorang dokter. Kenyataan seperti ini harus segera diatasi sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat segera ditingkatkan.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs Heru Sujatmiko, MSc, dalam sambutan pembukaan mengharapakan kepada para peserta Rakernas Arsada 2014 agar mendukung secara positif pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selama ini pelaksanaan pelayanan kesehatan masih terdapat perbedaan antar daerah. Pelayanan kesehatan selama ini belum dilaksanakan secara optimal dalam melayani masyarakat.

Wagub Heru Sujatmiko juga mengharapkan peserta Rakernas Arsada dapat meningkatkan kualitas layanan dan kualitas manajemen kesehatan. Selanjutnya, Wagub Jateng membuka secara resmi acara Rakernas Arsada 2014 dengan memukul gong sebanyak tiga kali.

Pada malam hari, seluruh peserta Rakernas Arsada diundang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam acara “Jamuan Selamat Datang Gubernur Jawa Tengah kepada Peserta Rakernas ke VIII di Provinsi Jawa Tengah”. Acara dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB di Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan No. 9 Semarang.* HAJ

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.