Aneka Kegunaan Tembakau

Para pemangku kepentingan di sektor komoditi tembakau Nasional harus segera ‘banting setir’ ke aneka produk turunan tembakau lain – selain rokok, ternyata ada banyak manfaat tembakau buat kemaslahatan manusia. Apa saja…? 

            Acapkali orang bicara manfaat tembakau, umumnya mereka hanya mengetahui satu produk, yaitu rokok. Sejak zaman kolonial Belanda, bangsa di negeri ini sudah menanamtembakau namun demikian mereka hanya mengetahui tujuan utama mereka menanam tembakau sebagai bahan baku/ untuk membuat rokok – baik itu rokok cigarette maupun cerutu. Untuk konsumsi pabrik rokok lokal maupun mancanegara. 

Satu dekade terakhir, sejak ‘perang’ terhadap tembakau dikumandangkan WHO – Organisasi Kesehatan Dunia, yang menggulirkan Framework Convention Tombacco Control (FTCT), tahun 2003, yang telah disepakati oleh sebagian besar negara dan tahun ini pemerintah Indonesia berencana meratifikasi FTCT, yang membuat para pemangku kepentingan di sektor komoditi tembakau di negeri ini galau bak menghadapi ‘si malakama’.

Pasalnya, masyarakat di Indonesia hanya terfokus pada manfaat daun tembakau untuk rokok. Padahal, banyak sekali kegunaan dari daun tembakau, antara lain untuk bahan pestisida, obat-obata/n, kosmetika, bius lokal, perawatan kulit, serta biofuel.

            Berpijak dari personalan tersebut, sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) bersama sebuah Universitas Jember, dengan mengangkat topik “Deversifikasi Produk Tembakau Non Rokok”, di sebuah Hotel Berbintang, di Surabaya, pada tahun 2013 lalu. Sebagai pembicara utama Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, MS dan sejumlah pembicara lain.

Bayu Krisnamurti yang juga Ketua Umum Perhepi memuji topik bahasan dalam pertemuan ilmiah tersebut, yang memberikan alternatif solusi dalam kontroversi antara kesehatan versus rokok (bukan tembakau) yang berkepanjangan. “Kementerian Perdagangan dan Perhepi mendukung langkah Kementerian Kesehatan, karena itu kita bersungguh-sungguh mencari alternatif produk tembakau selain rokok,” tandas Wamen Perdag kala itu.

Seperti yang dikemukakan ahli tembakau dari Universitas Jember Dr. Ir. Josi Ali Arifandi, MS. bahwa tembakau memiliki potensi sebagai pestisida, bahkan dalam bentuk nikotin tartrat dapat digunakan sebagai obat. “Tembakau tidak selalu berkonotasi negatif sebagai penyebab kanker, tanaman tersebut dapat pula menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker, sebagaimana temuan Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Arief Budi Witarto, M. Eng, “ ujar Dr. Josi.

Dari hasil penelitiannya terhadap 18 varietas tembakau lokal, menurut Dr Josi, Varietas Genjah Kenongo dapat menjadi penghasil protein penting Growth Colony Stimulating Factor (GCSF). “Prospek pengolahan tembakau menjadi obat cukup cerah mengingat hasil tembakau kita yang berlimpah,” jelasnya lagi. Untuk itu diperlukan sistem operasional teknis tata kelola hubungan antar komponen pemangku kepentingan pertembakauan yang sinergis dan cerdas sesuai dengan mandat dan perannya.

Pembahas berikutnya Prof. Dr. Subiyakto dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang memaparkan potensi tembakau dan limbahnya yang ternyata cukup beragam, namun sayangnya belum tergarap. “Tembakau dapat menjadi bahan perstisida, minyak atsiri, farmasi bahkan parfum,” ungkapnya. Namun demikian proses menjadikan tembakau sebagai produk non rokok masih terkendala teknologi pemrosesannya yang masih mahal.

Rekan Dr Subiyakto, pakar teknologi nano dari Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro mengemukakan penggunaan tembakau untuk balur dan scrab herbal sebagai inovasi asap rokok untuk mengurangi luka dan meningkatkan kesehatan. Dengan teknologi konversi, kata Dr sutiman, asap rokok yang beracun karena mengandung radikal bebas diubah menjadi asap yang mengandung nanostruktur yang kompleks.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember Dr. Ir. Jani Januar, MT, mengemukakan pertemuan ilmiah ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang produk tembakau non rokok, mengeksplorasi peluang dan prioritas produk tembakau non rokok dan merumuskan alternatif diversifikasi produk tembakau. “Universitas Jember ada di sentra penghasil tembakau, sudah selayaknya memberikan kontribusi nyata untuk masalah tembakau,” kata Ketua Perhepi Komda Jember itu. AS-dbs

Box

MANFAAT TEMBAKAU UNTUK KESEHATAN

            Tembakau adalah produk pertanian yang diproses dari daun tanaman dari genus Nicotiana. Tembakau dapat dikonsumsi, digunakan sebagai pestisida, dan dalam bentuk nikotin tartrat dapat digunakan sebagai obat. Jika dikonsumsi, pada umumnya tembakau dibuat menjadi rokok, tembakau kunyah, bahan makanan dan minuman.

            Tembakau telah lama digunakan sebagai entheogen di Amerika. Kedatangan bangsa Eropa ke Amerika Utara memopulerkan perdagangan tembakau terutama sebagai obat penenang. Kepopuleran ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat bagian selatan.

            Dalam Bahasa Indonesia tembakau nerasal dari bahasa asing. Bahasa Spanyol “tabaco” dianggap sebagai asal kata dalam bahasa Arawakan, khususnya, dalam bahasa Taino di Karibia, disebutkan mengacu pada gulungan daun-daun pada tumbuhan ini (menurut Bartolome de Las Casas, 1552) atau bisa juga dari kata “tabago”, sejenis pipa berbentuk y untuk menghirup asap tembakau (menurut Oviedo, daun-daun tembakau dirujuk sebagai Cohiba, tetapi Sp. tabaco (juga It. tobacco) umumnya digunakan untuk mendefinisikan tumbuhan obat-obatan sejak 1410, yang berasal dari Bahasa Arab “tabbaq”.

            Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui Nicotiana Tabacum atau yang dikenal sebagai tembakau sebagai bahan baku utama rokok, dan tentu saja banyak yang menganggap daun ini hanya memiliki dampak negatif. Tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain dari daun ini, berikut beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan, sbb :

1. Hasilkan Protein Anti Kanker

            Tembakau tidak selalu berkonotasi negatif sebagai penyebab kanker, ternyata tanaman tersebut dapat pula menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker, kata peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), DR Arief Budi Witarto MEng.

            “Protein dibuat oleh DNA dari tubuh kita, kita masukkan DNA yang dimaksud itu ke tembakau melalui bakteri, begitu masuk, tumbuhan ini akan membuat protein sesuai DNA yang dimasukkan. Kalau tumbuhan itu panen, kita dapat cairannya berupa protein,” katanya.

            Selain untuk protein antikanker, GSCF, ujarnya, bisa juga untuk menstimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak.

            Mencegah kanker mulut rahim :Tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi antibody terhadap human papilloma virus (HPV), yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

2. Insektisida dan Melepaskan Gigitan Lintah

            Selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin, yang bisa dipakai untuk berbagai produk makanan maupun minuman. Tembakau juga dapat digunakan untuk melepaskan gigitan lintah, dan bisa juga digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga.

3. Obat Diabetes & Antibodi

            Para ilmuwan berhasil menggunakan tembakau yang dimodifikasi secara genetik untuk memproduksi obat diabetes dan kekebalan tubuh. Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal BMC Biotechnology, Maret 2013 lalu.

            Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa berpartisipasi dalam proyek bertajuk “Pharma-Planta” yang dipimpin Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona itu. Mereka membuat tembakau transgenik yang memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine adalah protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar aktif.

            Kode genetik (DNA) yang mengode IL-10 ditanam dalam tembakau, lalu tembakau akan memproduksi protein tersebut. Mereka mencoba dua versi IL-10 yang berbeda. Satu dari virus, yang lainnya dari tikus. Para peneliti menemukan, tembakau dapat memproduksi dua bentuk IL-10 itu dengan tepat. Produksi cytokine yang aktif cukup tinggi, yang mungkin dapat digunakan lewat proses ekstraksi dan pemurnian.

            Langkah selanjutnya, IL-10 hasil tembakau itu diberikan kepada tikus untuk meneliti seberapa efektif ia membangkitkan kekebalan tubuh. Penelitian menggunakan IL-10 hasil tembakau dalam dosis kecil dapat membantu mencegah kencing manis atau diabetes melitus tipe 1.

4. Obat HIV/AIDS

            Tembakau juga bisa menghasilkan protein obat human immunodeficiency virus (HIV) penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Bedanya, bukan tembakaunya yang menghasilkan protein, melainkan virus tembakaunya.

5. Obat Luka

            Untuk obat luka dipakai ± 25 gram daun segar Nicotiana Tabacum, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. ditambah minyak tanah ± 25 ml diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka.

Comments (5)

  • Avatar

    mochammad wildan

    |

    Sidoarjo, 18 Desember 2021
    Perihal: Penawaran Kerjasama
    Lampiran: –
    Kepada Yth,
    Bpk./Ibu Pimpinan
    Arsada.org

    Dengan hormat,
    Kami dari CV Bumiarto Mulya bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan Perusahaan anda untuk mendapatkan supplai dari bahan baku yang dapat kami sediakan, produk-produk kami berupa:
    • tembakau ( +-500-1500 ton sebulan)
    • cengkeh (50-100 ton sebulan)
    Kami sebagai perwakilan perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan
    kepada Perusahaan anda jika bersedia menjadi rekanan produk utama produk-produk perusahaan kami.

    Adapun mekanisme terkait kerjasama bisnis ini akan kami jelaskan lebih lanjut apabila tertarik dengan penawaran kerjasama bisnis ini.
    Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terimakasih.

    Hormat kami,
    CV. Bumiarto Mulya
    Mochammad Wildan Syakuro S.Kom.,
    Manager Pemasaran

    Reply

  • Avatar

    Mamat Rohimat

    |

    Saya sangat tertarik untuk mempelajari manfaat tembakau selain untuk rokok, karena masyarakat sekitar rumah hampir semua menanam tembakau,dan saya ingin mengalihkan dari rokok. Jika ada informasi lanjut, bisa hubungi saya

    Reply

  • Avatar

    Remondo Al Azis

    |

    Terimakasih banyak atas informasi pelajaran nya semoga lebih banyak orang bisa mengetahui manfaat tembakau yang sebenarnya

    Reply

  • Avatar

    mamas

    |

    menarik.

    Reply

Leave a comment